Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatur tarif
penerbangan murah dengan batas bawah 40% dari batas atas. Dalam regulasi
tersebut, Menhub membatasi harga terendah tiket pesawat adalah 40% dari tarif
batas atas yang sebelumnya hanya 30%. Keputusan itu dimaksudkan untuk memberi
ruang anggaran bagi maskapai agar memperbaiki sektor keamanan penerbangan.
Selain menaikkan batas tarif bawah jadi 40% dari tarif batas atas, keputusan
menteri tersebut tidak lagi memungkinkan maskapai untuk mengajukan pemohonan
menetapkan tarif di luar tarif batas bawah sebagaimana selama ini
diperbolehkan.
Regulasi tersebut dengan sendirinya mengakibatkan
harga tiket pesawat naik standar keselamatan dan keamanan penerbangan memang
harus dipenuhi oleh semua maskapai yang melakukan operasi di Indonesia,
termasuk maskapai yang terapkan Low Cost Carrier (LCC).
Penjelasan Low
Cost Carrier (LCC)
LCC adalah
maskapai yang mengoperasikan penerbangannya dengan biaya rendah dari
penerbangan lainya. LCC itu lebih mementingkan efisiensi, namun bukan berarti
efisiensi tersebut melanggar faktor keselamatan penumpang. Sebenarnya efisiensi
ini sudah diatur dalam strategi yang bisa memangkas biaya operasional dan biaya
opsional seperti bagasi. Tapi mereka tidak memangkas biaya keamanan. Sebenarnya
ada kekeliruan sekali terhadap stigma, LCC itu menyepelekan keselamatan.
Kritik
Kebijakan Menhub
Dengan
kebijakan pemerintah soal jatuhnya pesawat Air Asia ini. di tengah suasana duka
yang dirasakan keluarga penumpang AirAsia QZ8501, seharusnya Menhub tidak
mengeluarkan kebijakan terlalu terburu-buru yang justru membuat masyarakat
menjadi semakin bingung.
Kebijakan
Menhub tentang pembatasan tarif bawah maskapai penerbangan seakan-akan ingin
mengatakan bahwa kecelakaan yang menimpa AirAsia disebabkan harga tiket yang
murah. Karena tiket murah, pesawat lalu tidak dirawat. Padahal dengan logika
tersebut tidak cukup untuk membuktikan biaya tiket berhubungan dengan
keselamatan. Kita juga belum tahu apa penyebabnya, padahal faktor tersebut bisa
juga masalah human error atau faktor lain yang tidak ada hubunganya dengan
biaya tiket.
Pentingnya
Penerbangan Murah
LCC ini
sangat penting bagi jutaan penumpang di seluruh dunia. Karena dalam strategi
tersebut konsumen jasa penerbangan yang biasanya hanya dinikmati oleh kaum
menengah keatas, namun sekarang bisa juga dinikmati oleh menengah kebawah.
Karena kebutuhan dalam transportasi salah satu menjadi kebutuhan primer saat
ini
Pada
dasarnya program keselamatan penerbangan dan sistem manajemen keselamatan dan
SOP penerbangan di setiap maskapai udah ada. Hanya tinggal bagaimana aturan itu
dilaksanakan dengan baik.
Seharusnya
Menhub tidak membenturkan LCC dengan keselamatan penerbangan. Guna meningkatkan
keselamatan dan keamanan penerbangan, sebaiknya langkah yang seharusnya diambil
pemerintah adalah membenahi berbagai masalah yang sebenarnya berawal dari
ketidaktegasan regulator, termasuk memperketat pengawasan dan pengendalian
keselamatan penerbangan.
Sebaiknya pemerintah perlu memonitor kebijakan ini
kembali dan menyediakan alternatif kebijakan yang lebih menguntungkan semua
pihak dan tentunya tidak mengabaikan keselamatan penumpang.
Sumber :
http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2015/01/09/pembatasan-biaya-pesawat-menjamin-keselamatan-701221.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar