Minggu, 19 Oktober 2014

Peran E COMMERCE dalam ekonomi kreatif



Peran E COMMERCE dalam ekonomi kreatif

Pertama-tama kita harus mengerti arti dari e-commerce / perdagangan electronic dulu, Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang in.
Lalu pengertian dari ekonomi kreatif.
Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.
[1] Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya.
[2] Seiring berjalannya waktu, perkembangan ekonomi sampai pada taraf ekonomi kreatif setelah beberapa waktu sebelumnya, dunia dihadapi dengan konsep ekonomi informasi yang mana informasi menjadi hal yang utama dalam pengembangan ekonomi.
Jadi kesimpulannya adalah peran e commerce dalam ekonomi kreatif khususnya di indonesia sangat krusial karena dengan adanya e commerce kemungkinan ekonomi kreatif yg sedang genjar di kembangkan oleh pemerintah bisa dapat berkembang di indonesia dengan cepat dan karena dengan adanya e commerce masyarakat bisa memasarkan ekonomi kreatif yg sedang mereka kembangkan bisa cepat dikenal oleh orang banyak tanpa taku terkendala geografis karena hanya butuh koneksi internet semua orang bisa melihat produk-produk yang ingin di pasarkan.

SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_kreatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar