Peran E COMMERCE dalam ekonomi kreatif
Pertama-tama
kita harus mengerti arti dari e-commerce / perdagangan electronic dulu, Perdagangan
elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce,
juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang
dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet
atau televisi,
www, atau jaringan
komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce
ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis
(e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana
secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik
(e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi
online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic
data interchange /EDI), dll.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, di
mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi
mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan
pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan
teknologi basisdata
atau pangkalan data
(databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi
non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat
pembayaran untuk e-dagang in.
Lalu pengertian dari ekonomi kreatif.
Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era
ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan
ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang
utama.
[1] Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif
yang menjadi pengejawantahannya.
[2] Seiring berjalannya waktu, perkembangan ekonomi sampai pada taraf
ekonomi kreatif setelah beberapa waktu sebelumnya, dunia dihadapi dengan konsep
ekonomi informasi yang mana informasi menjadi hal yang utama dalam pengembangan
ekonomi.
Jadi kesimpulannya adalah peran e commerce dalam
ekonomi kreatif khususnya di indonesia sangat krusial karena dengan adanya e
commerce kemungkinan ekonomi kreatif yg sedang genjar di kembangkan oleh
pemerintah bisa dapat berkembang di indonesia dengan cepat dan karena dengan
adanya e commerce masyarakat bisa memasarkan ekonomi kreatif yg sedang mereka
kembangkan bisa cepat dikenal oleh orang banyak tanpa taku terkendala geografis
karena hanya butuh koneksi internet semua orang bisa melihat produk-produk yang
ingin di pasarkan.
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_kreatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar