Tugas TOU 8
1. Proses
kegiatan seorang pimpinan yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara
pemikiran ilmiah dan praktis untuk mencapai tujuan yang tetapkan melalui kerja
sama manusia dan pemanfaatan sumber daya dan waktu yang tersedia, disebut :
· Perencanaan.
2. Suatu
cara bagaimana agar sumber-sumber daya yang diperlukan dapat dimanfaatkan
dengan setepat-tepatnya sehingga kegiatan menajemen dapat dilaksanakan, disebut
:
· Metode.
3. Organisasi
sebagai alat untuk mencapai tujuan dapat dilihat sebagai wadah dan sebagai
proses, organisasi sebagai wadah akan bersifat :
· sebagai
wadah untuk berintegrasi, berelasi dan berkomunikasi sekelompok orang yang
saling bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu, atau dengan kata lain
organisasi sebagai wadah pelaksanaan administrasi atau manajemen. Sifatnya
STATIS.
4. Organisasi
dapat dikatakan sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama
yang efisien untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, hal ini organisasi
dapat dilihat dari segi :
· Tata
kerja.
· Visi
dan misi organisasi.
5. Sekelompok
manusia yang dengan sengaja dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien
untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, disebut :
· Organisasi.
6. Organisasi
dapat bersifat memberikan suatu kepastian dan ketentuan-ketentuan tentang
pelaksanaan hubungan kerja sama manusia, maka organisasi bersifat :
· Terstruktur
/ terstandarisasi.
7. Organisasi
dapat dilihat dari hubungan orang sebagai anggota, dari hubungan ini maka akan
muncul yang disebut :
· Dinamika
organisasi dimana menuntut perhatian pengurus dan anggotanya. Dinamika
organisasi yang harus dikelola secara cerdas dan konstruktif ialah terletak
pada konflik yang sering timbul di suatu organisasi, karena dalam kenyataannya
konflik tidak selamanya bersifat destruktif akan tetapi akan mampu meningkatkan
produktifitas suatu organisasi apabila dapat di atasi dan dikelola dengan baik.
8. Faktor-faktor
yang bersifat internal yang mempengaruhi sifat dinamis organisasi, adalah :
· Visi
dan misi.
· Hubungan
antar anggota organisasi.
· Tata
kerja.
9. Dengan
sifat dinamis, organisasi dapat melakukan perubahan dan perbaikan, perubahan-perubahan
tersebut menyangkut pada hal :
· Organisasi
mengalami perubahan karena organisasi selalu menghadapi berbagai macam
tantangan. Tantangan itu timbul sebagai akibat pengaruh lingkungan (lingkungan
organisasi). Yang dimaksud dengan lingkungan organisasi adalah keseluruhan
faktor yang mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi. Faktor faktor yang
mempengaruhi organisasi tersebut adalah luas, dan jumlahnya cukup banyak.
I. Faktor
Intern
§ Perubahan
kebijakan pimpinan
§ Perubahan
tujuan
§ Pemekaran/perluasan
wilayah operasi organisasi
§ Volume
kegiatan yang bertambah banyak
§ Tingkat
pengetahuan dan keterampilan dari para anggota organisasi
§ Sikap
dan perilaku dari para anggota organisasi
§ Berbagai
macam ketentuan atau perarturan baru yang berlaku dalam organisasi
II. Faktor
Ekstern
§ politik
§ hukum
§ kebudayaan
§ teknologi
§ sumber
alam
§ demografi
§ sosiologi
10. Cara
bagaimana pelaksanaan kerja yang seefisien atas suatu tugas yang diperoleh
dengan mengingat segi-segi tujuan, peralatan, fasilitas, tenaga kerja, waktu,
ruang, jarak, biaya, disebut :
· Tata
kerja dan membuat divisi-divisi yang dimana tiap anggota divisi mempunyai tugas
dan tanggung jawab masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar